Mbawa adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa ini memiliki kodepos 84162


Tuhan tidak menjanjikan hari-harimu tanpa duka, kegembiraan tanpa penderitaan, tetapi ia sungguh menjanjikan kekuatan untuk menghadapi hari-harimu, penghiburan bagi air matamu, dan terang bagi jalanmu

Tuesday, April 10, 2012

Ngahara Janga di Pento

Ngahara Janga di Pento adalah acara lanjutan dari Huda Losa Rafu dari pihak perempuan ke pihak laki-laki (suaminya).
Adapun acara   Ngahara Janga di Pento dilakukan sebagai berikut:
  • Disiapkan sesajen yang berupa: Karab'a fare, Pisang satu sisir, beras yang dimasukkan ke dalam piring yang diatasnya diletakkan uang logam, serta ayam jantan dan ayam betina masing-masing satu ekor.
  • kedua ayam tadi dipegang, sebelah kanan ayam jantan dan sebelah kiri ayam betina serta dibacakan doa-doa/mantra-mantra dalam bahasa bima. Setelah dibacakan mantra kedua ayam tersebut di kasi makan (besar).
  • Setelah ayam tersebut di kasi makan barulah di sembelih.
  • Sambil menunggu ayam di masak (direbus), pengunjung di ajak makan terlebih dahulu dengan lauk apa adanya. biasanya sudah disiapkan lauk ayam rebus yang bukan dari kedua ayam tadi.
  •  Apabila kedua ayam tadi udah masak, maka dukunpun mengambil bagian-bagian tertentu dari ayam tersebut masing masing sedikit, misalnya Kepala, leher, dada, hati, kulit ayam, dll. kemudian bagian bagian ayam tadi diletakkan diatas nasi dan selanjutnya di persembahkan ke roh-roh leluhur dengan membacakan doa-doa/mantra-mantra.
  • Selesai acara, makanan yang dipersembahkan ke roh leluhur tadi dimakan oleh anggota keluarga baru yang pindah rafu atau orang yang menerima anggota baru dalam rafunya.

No comments:

Post a Comment

Setelah anda membaca postingan di atas, silahkan ketik komentar anda di bawah ini