Tuesday, April 10, 2012

Ngahara Janga di Pento

Ngahara Janga di Pento adalah acara lanjutan dari Huda Losa Rafu dari pihak perempuan ke pihak laki-laki (suaminya).
Adapun acara   Ngahara Janga di Pento dilakukan sebagai berikut:
  • Disiapkan sesajen yang berupa: Karab'a fare, Pisang satu sisir, beras yang dimasukkan ke dalam piring yang diatasnya diletakkan uang logam, serta ayam jantan dan ayam betina masing-masing satu ekor.
  • kedua ayam tadi dipegang, sebelah kanan ayam jantan dan sebelah kiri ayam betina serta dibacakan doa-doa/mantra-mantra dalam bahasa bima. Setelah dibacakan mantra kedua ayam tersebut di kasi makan (besar).
  • Setelah ayam tersebut di kasi makan barulah di sembelih.
  • Sambil menunggu ayam di masak (direbus), pengunjung di ajak makan terlebih dahulu dengan lauk apa adanya. biasanya sudah disiapkan lauk ayam rebus yang bukan dari kedua ayam tadi.
  •  Apabila kedua ayam tadi udah masak, maka dukunpun mengambil bagian-bagian tertentu dari ayam tersebut masing masing sedikit, misalnya Kepala, leher, dada, hati, kulit ayam, dll. kemudian bagian bagian ayam tadi diletakkan diatas nasi dan selanjutnya di persembahkan ke roh-roh leluhur dengan membacakan doa-doa/mantra-mantra.
  • Selesai acara, makanan yang dipersembahkan ke roh leluhur tadi dimakan oleh anggota keluarga baru yang pindah rafu atau orang yang menerima anggota baru dalam rafunya.

No comments:

Post a Comment

Setelah anda membaca postingan di atas, silahkan ketik komentar anda di bawah ini



Tuhan tidak menjanjikan hari-harimu tanpa duka, kegembiraan tanpa penderitaan, tetapi ia sungguh menjanjikan kekuatan untuk menghadapi hari-harimu, penghiburan bagi air matamu, dan terang bagi jalanmu