Mbawa adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa ini memiliki kodepos 84162


Tuhan tidak menjanjikan hari-harimu tanpa duka, kegembiraan tanpa penderitaan, tetapi ia sungguh menjanjikan kekuatan untuk menghadapi hari-harimu, penghiburan bagi air matamu, dan terang bagi jalanmu

Thursday, April 5, 2012

Kasaro Hidi Ro Lua

Kasaro adalah acara ritual yang berfungsi untuk memberikan nakan dan minum (sesajen) kepada roh-roh halus supaya jangan mengganggu acara karawi D'ewa. Sebelum melakukan kasaro, tuan rumah yang berhajat harus pergi kerumah salah satu dukun setempat dengan membawa:
  1. Piring yang berisi poppkor, daun sirih sebanyak 7 dan 5 helai, pinang 7 dan 5 potong, dan uang (sesuai kerelaan tuan yang berhajat) yang diletakkan diatas dau sirih tadi.
  2. Beras yang dimasukkan kedalam wadah yang agak besar dan diletakkan 1 butir telur ayam diatasnya
  3. wadah yang lain/paja (bhs. bima) untuk meletakkan daun sirih, pinang, dan kapur sirih bahkan juga berfungsi untuk meletakkan daun tembakaun dan kertas rokok.
  Kalau barang ini diterima oleh dukun berarti tawaran ini akan segera dilaksanakan, tetapi kalau dukun ini tidak menerima atau menolak berarti orang yang berhajat harus pulang dan mencari dukun yang lain yang mau membantu hajatan tersebut.

    No comments:

    Post a Comment

    Setelah anda membaca postingan di atas, silahkan ketik komentar anda di bawah ini