Friday, March 30, 2012

Gereja Tertua di Bima

Sebagian besar masyarakat Bima tidak tahu bahwa terdapat gereja tertua di Kabupaten Bima. Masyarakat bima pada umumnya hanya tahu Gereja Katolik Maupun Gereja Protestan hanya terdapat di kota Bima saja.  Jangan Salah..! Gereja tertua malah berada di pelosok negeri Bima yaitu di Desa Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. Kok Bisa yah..? Sejak Kapan Gereja Itu ada Di Donggo...?. Kok Gerejanya Kelihatan Baru..?. Apabila anda ingin tahu tentang sejarah berdirinya gereja di mbawa silahkan ke mbawa aja, anda bisa tanyakan langsung pada orang tua yang ada di sana atau bisa tanya ke guru agama Katolik di sana yang merupakan orang asli mbawa yang namanya Ignasius, Karna kalau saya yang jelaskan malah kurang informasinya. Gereja tersebut kelihatan baru ya...karna memang gereja tersebut sudah di ganti atau direhap total makanya kelihatan baru. Dengan adanya Pastor dan guru agama di mbawa, keinginan masyarakan mbawa yang beragama katolik untuk sembahyang cukup besar, ini terlihat dari begitu antosiasnya masyarakat disana untuk mengikuti misa setiap hari minggunya. Mulai dari anak-anak, remaja , orang dewasa, orang tua, bahkan kakek-kakek bersemangat untuk pergi sembahyang ke gereja, karna memang kedua tokoh inilah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat mbawa untuk memimpin mereka.

1 comment:

  1. Mat Malam, Pak kalau bole saya ususlkan coba cek juga sejara Perkembangan gereja di Sumba dan Sumbawa karena secara administrasi wilaya bima dan sumbawa merupakan wilaya pelayanan Keuskupan Sumba. sekedar usul Kebetulan Bukunja juga sudah prna saya baca. yang jauh lebih tua itu gereja bekas gudang pemberian kesultanan Bima Kala itu. salam kenal OM saya suaminya Minah cucu Ompu Sarah.

    ReplyDelete

Setelah anda membaca postingan di atas, silahkan ketik komentar anda di bawah ini



Tuhan tidak menjanjikan hari-harimu tanpa duka, kegembiraan tanpa penderitaan, tetapi ia sungguh menjanjikan kekuatan untuk menghadapi hari-harimu, penghiburan bagi air matamu, dan terang bagi jalanmu